Pengaruh Perhatian Siswa Dalam Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Matematika di SD N Pagerharjo Samigaluh, Kulonprogo Tahun Pelajaran 2017/2018.

Nur, Chamidah. (2018) Pengaruh Perhatian Siswa Dalam Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Matematika di SD N Pagerharjo Samigaluh, Kulonprogo Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ALMA ATA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
2.ABSTRAK.pdf

Download (169kB) | Preview
Official URL: http://elibrary.almaata.ac.id

Abstract

Skripsi ini membahas tentang pengaruh perhatian siswa dalam pembelajaran terhadap hasil belajar matematika di SD N Pagerharjo. Kajian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya perhatian siswa dalam pembelajaran serta hasil belajar matematika yang rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana perhatian siswa dalam pembelajaran dan seberapa besar pengaruh perhatian siswa dalam pembelajaran terhadap hasil belajar matematika di SD N Pagerharjo. Jenis penelitian ini adalah korelasi sebab akibat, dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas I−VI di SD N Pagerharjo. Sampel penelitian ini adalah kelas V dengan jumlah 23 siswa yang ditentukan dengan menggunakan teknik random sampling dengan cara mengundi kelas. Variabel penelitian ini adalah perhatian siswa sebagai variabel bebas dan hasil belajar sebagai variabel terikat. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji prasyarat analisis menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan linier sehingga teknik pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perhatian siswa dalam pembelajaran matematika di SD N Pagerharjo berada dalam kategori sedang yaitu sebesar 87%, (2) Pengaruh perhatian siswa dalam pembelajaran terhadap hasil belajar matematika sebesar 44,5%, sedangkan 55,5% hasil belajar matematika dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. Bertitik tolak pada hasil penelitian, maka guru hendaknya meningkatkan perhatian siswa sehingga dapat mencapai hasil belajar yang lebih optimal. Kata kunci: perhatian siswa, hasil belajar, matematika

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: ILMU-ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Divisions: FAKULTAS AGAMA ISLAM
Depositing User: detta mahar almaata
Date Deposited: 26 Jul 2018 05:09
Last Modified: 26 Jul 2018 05:09
URI: http://elibrary.almaata.ac.id/id/eprint/941

Actions (login required)

View Item View Item