PENDIDIKAN AKHLAK PADA ANAK USIA DINI DI KELUARGA PETANI KARET DESA TANIA MAKMUR RT 03-04 KECAMATAN LEMPUING JAYA KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR SUMATRA SELATAN

SITI MIFTAKHUL LATIFATUL KHOMSAH, LATIFATUL KHOMSAH (2018) PENDIDIKAN AKHLAK PADA ANAK USIA DINI DI KELUARGA PETANI KARET DESA TANIA MAKMUR RT 03-04 KECAMATAN LEMPUING JAYA KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR SUMATRA SELATAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ALMA ATA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
10.NASPUB.pdf

Download (540kB) | Preview
Official URL: http://elibrary.almaata.ac.id

Abstract

Pendidikan akhlak dilatarbelakangi dengan kebutuhan anak agar menjadi seorang yang berakhlaqul karimah dan dapat di jadikan contoh bagi siapapun yang melihatnaya. Desa Tania Makmur merupakan salah satu desa yang mana masih banyak anak-anak usia dini akan tetapi kurang memiliki akhlak karena kesibukan dan kurangnya perhatian dari kedua orang tua yang bekerja dikebun karet. Tujuan penelitian dalam penuliasan skripsi ini adalah penanaman akhlak pada anak usia dini didalam keluarga petani karet. Mengetahui faktor-faktor dalam mendidik akhlak pada anak usia dini yang berada di desa Tani Makmur. Metode yang digunakan adaah penelitian kualitatif. Adapun subjek penelitiannya adalah orang tua, anak dan juga lingkungan sekitar dalam pengumpulan data menggunakan metode observasi secara langsung dan tidak langsung, wawancara, dokumentasi dan analisis data. Hasil yang di peroleh dari peneliti adalah: 1. Kurangnya pendidikan akhlak pada anak usia dini sehingga membuat anak tidak memiliki rasa sopan. Kurangnya perhatian dan juga kasih sayang dari kedua orang tua sehingga pendidikan umum juga akhlak pada anak kurang tertanam. 2. Faktor penghambat dan pendukung dalam pendidikan akhlak yang sangat berpengaruh yakni lingkungan, pembawaan sifat dan kepribadian pada anak yang dapay bekembang dari pendidikan orang tua, keluarga yang bisa menjadi contoh tingkah laku dan sopan santun pada anak, guru/pendidik yang mengajarkan anpendidikan akhlak pada anak disuatu lembaga, kesibukan orang tua bekerja di kebun karet dan kurangnya waktu pada anak, sikap orang tua yang pembolehan dan melindungi dapat mempengaruhi tingkah alku dan juga pola piker anak, dan media massa dan gadget menjadi hambatan pada pendidikan anak di usia dini jikatanpa pengawasan kedua orang tua.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: ILMU-ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Depositing User: detta mahar almaata
Date Deposited: 26 Jul 2018 05:15
Last Modified: 26 Jul 2018 05:15
URI: http://elibrary.almaata.ac.id/id/eprint/943

Actions (login required)

View Item View Item