PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (STUDI KASUS SEKOLAH INKLUSI SD TAMAN MUDA IBU PAWIYATAN YOGYAKARTA)

Latifah, Hidayatur Rahmah (2018) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (STUDI KASUS SEKOLAH INKLUSI SD TAMAN MUDA IBU PAWIYATAN YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ALMA ATA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
10. NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (582kB) | Preview
Official URL: http://elibrary.almaata.ac.id

Abstract

SD Taman Muda Ibu Pawiyatan Yogyakarta merupakan sekolah yang menyediakan pendidikan inklusi, dimana anak berkebutuhan khusus belajar bersama dengan anak normal lainnya. Yang terjadi adalah perkembangan kognitif peserta didik berkebutuhan khusus tidak sebanding dengan peserta didik normal lainnya, hal ini yang menjadi tujuan agar para peserta didik berkebutuhan khusus yang beragama Islam mampu dalam pembelajaran PAI dan pengetahuan mereka tentang pelajaran PAI dapat seimbang dengan peserta didik normal pada umumnya. Adapun yang menjadi fokus dari studi ini adalah mencari sedetail-detailnya tentang peran guru agama Islam dalam perkembangan kognitif peserta didik berkebutuhan khusus dengan rumusan masalah sebagai berikut: (1). Bagaimana peran guru PAI terhadap perkembangan kognitif anak berkebutuhan khusus di sekolah inklusi SD Taman Muda Ibu Pawiyatan Yogyakarta? (2). Apa faktor pendukung dan penghambat guru PAI terhadap perkembangan kognitif anak berkerkebutuhan khusus sekolah inklusi SD Taman Muda Ibu Pawiyatan Yogyakarta? Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Adapun subyek penelitiannya adalah guru PAI, Guru Pendamping Kelas (GPK), dan Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Dalam pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan analisis data. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa: (1). Peran guru agama Islam terhadap perkembangan kognitif anak berkebutuhan khusus diantaranya, guru sebagai pembimbing, fasilitator, model dan teladan, emansipator, dan evaluator. Dari kelima peran tersebuat peran emansipator paling berpengaruh dalam perkembangan kognitif anak berkebutuhan khusus. (2). Faktor pendukung diantaranya keluarga dan orangtua, guru pendamping kelas, dan guru PAI. Sedangkan untuk faktor penghambat diantaranya fasilitas, orangtua, dan SDM yaitu guru PAI dan GPK. Kata Kunci : peran guru, perkembangan kognitif, Anak berkebutuhan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: ILMU-ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Divisions: FAKULTAS AGAMA ISLAM
Depositing User: detta mahar almaata
Date Deposited: 26 Jul 2018 04:52
Last Modified: 26 Jul 2018 04:52
URI: http://elibrary.almaata.ac.id/id/eprint/937

Actions (login required)

View Item View Item