STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK KELAS VIII DI MTs MA’ARIF WATES KULON PROGO

DWI, ENDAH SUHARNANIK (2018) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK KELAS VIII DI MTs MA’ARIF WATES KULON PROGO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ALMA ATA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
10 .NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (506kB) | Preview
Official URL: http://elibrary.almaata.ac.id

Abstract

Latar belakang masalah ini adalah rendahnya motivasi siswa dalam pembelajaran aqidah akhlak kelas VIII di MTs Ma’arif Wates Kulon progo. Hal ini disebabkan oleh guru tersebut pada waktu menyampaikan materi kepada siswa dengan menggunakan Strategi dan metode yang konvensional yaitu hafalan dan mencatat, sehigga para siswa merasa jenuh dan bosan. Oleh karena itu perlu diadakan penelitian untuk memperbaiki kualitas dalam pembelajaran terutama dalam hal motivasi siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Strategi apa yang digunakan oleh guru dalammeningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIII MTs Wates Kulon Progo pada mata pelajaran Aqidah Akhlak dan 2) Untuk mengetahui bagaimana hasil yang dicapai oleh guru dalam meningktkan motivasi belajar siswa kelas VIII MTs Ma’arif Wates Kulon Progo pada mata pelajaran aqidah akhlak. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang menggunakan data kualitatif. Subyek dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Ma’arif Wates Kulon progo yang berjumlah 17 siswa dan guru aqidah akhlak kelas VIII MTs Ma’arif Wates Kulon Progo, sedangkan pengumpulan datanya dengan menggunakan beberapa metode antara lain: observasi, dokumentasi dan wawancara. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan data deskriptif kualitatif dengan melalui beberapa tahapan yaitu tahap reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: ILMU-ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Depositing User: detta mahar almaata
Date Deposited: 26 Jul 2018 03:21
Last Modified: 26 Jul 2018 03:21
URI: http://elibrary.almaata.ac.id/id/eprint/926

Actions (login required)

View Item View Item