PENGARUH PEMAHAMAN MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) TERHADAP TINGKAT KENAKALAN REMAJA DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) NASIONAL BANTUL

ROFIATUL, MUNAWAROH and AHMAD, SALIM (2015) PENGARUH PEMAHAMAN MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) TERHADAP TINGKAT KENAKALAN REMAJA DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) NASIONAL BANTUL. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ALMA ATA.

[img]
Preview
Text
ROFIATUL MUNAWAROH.pdf

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5_DAPUS.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://elibrary.almaata.ac.id

Abstract

Skripsi ini membahas tentang ada atau tidaknya pengaruh pemahaman materi pendidikan agama Islam (PAI)terhadap tingkat kenakalan remaja di sekolah menengah kejuruan (SMK) Nasional Bantul. Pada usia remaja kenakalan sering dilakukan karena pada usia ini jiwa mereka masih terombang-ambing dan mudah terpengaruh. Ada banyak faktor yang mempengaruhi mereka baik itu dari faktor diri sendiri, keluarga dan juga lingkungan. Dengan adanya materi PAI disekolah yang memeberikan pengarahan afektif mereka, apakah ada perubahan sikap atau kebiasaan mereka dalam meakukan kenakalan atau penyimpangan baik sosial, maupun non sosial. Studi ini dimaksudkan untuk (1)Bagaimana pemahaman siswa terhadap materi PAI di SMK Nasional Bantul. (2)Bagaimana tingkat kenakalan remaja di SMK Nasional Bantul. (3) Adakah pengaruh pemahaman materi PAI terhadap tingkat kenakalan remaja di SMK Nasional Bantul. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan angket dan wawancara, dalam pengambilan sampel peneliti mneggunakan teknik propotionate stratified random sampling yaitu sampel diambil sesuai strata dan acak yang meliputi kelas X, XI, XII semuanya berjumlah 171 sampel dari 204 populasi. Dalam analisis data mengenai ada atau tidaknya pengaruh pemahaman materi PAI peneliti menggunaka korelasi product moment, dari analisis tersebut menghasilkan nilai r = 0,38 dengan signifikansi 5%, dapat dicari dengan cara jumlah responden (N) dikurangi 2, jadi 171 – 2 = 169, pada tabel r dapat dilihat nilai r dari 169 adalah 0,159. Maka nilai r hitung > dari pada r tabel yaitu 0,38 > 0,159 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Yang berarti adanya pengaruh pemahaman materi PAI terhadap tingkat kenakalan remaja, meskipun tingkatan tersebut rendah yaitu 0,38 .

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: ILMU-ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Divisions: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN > PRODI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Depositing User: Awan Megantoro AMd
Date Deposited: 14 Jun 2017 02:56
Last Modified: 05 Feb 2018 01:40
URI: http://elibrary.almaata.ac.id/id/eprint/596

Actions (login required)

View Item View Item