HUBUNGAN PENGETAHUAN TENTANG ASI EKSKLUSIF DAN SIKAP IBU DENGAN RIWAYAT PEMBERIAN ASI EKSKLUSIF PADA IBU BEKERJA DI KABUPATEN BANTUL

Dani, Ismayanti (2017) HUBUNGAN PENGETAHUAN TENTANG ASI EKSKLUSIF DAN SIKAP IBU DENGAN RIWAYAT PEMBERIAN ASI EKSKLUSIF PADA IBU BEKERJA DI KABUPATEN BANTUL. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ALMA ATA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
Naskah Publikasi.pdf

Download (525kB) | Preview
Official URL: http://elibrary.almaata.ac.id

Abstract

Latar Belakang : ASI eksklusif merupakan pemberian ASI saja tanpa makanan atau minuman tambahan kepada bayi hingga usia 6 bulan. Berdasarkan data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2013, secara nasionalcakupan pemberian ASI eksklusif sebesar 54,3%. Cakupan tersebut belum mencapai target nasional yaitu 80%. Faktor yang mempengaruhi keberhasilan pemberian ASI eksklusif diantaranya adalah pengetahuan ibu tentang manfaat ASI eksklusif dan sikap ibu yang mendukung terhadap pemberian ASI eksklusif. Selain itu faktor lain yang juga mempengaruhi keberhasilan pemberian ASI eksklusif adalah ibu bekerja yang harus kembali bekerja setelah masa cuti habis. Tujuan : Mengetahui hubungan antara pengetahuan tentang ASI eksklusif dan sikap ibu dengan riwayat pemberian ASI eksklusif pada ibu bekerja di Kabupaten Bantul. Metode :Penelitian ini adalah penelitian deskriptif analitik dengan rancangan penelitian cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah ibu bekerja usia produktif yang bekerja di perusahaan menengah dan besar di Kabupaten Bantul yaitu sebanyak 16687 orang. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 158 responden dengan teknik pengambilan sampel ProbabilityProportional to Size (PPS). Analisis data berupa distribusi frekuensi dan dilakukan uji chi square (pvalue 0,05) dengan menggunakan software SPSS. Hasil : Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan yang bermakna antara pengetahuan tentang ASI eksklusif pada ibu bekerja di perusahaan di Kabupaten Bantul tahun 2017 dengan riwayat pemberian ASI eksklusif dengan p-value yaitu 0,167 dengan OR= 2,180 (CI : 0,707 – 6,717). Selain itu, juga tidak terdapat hubungan yang bermakna antara sikap ibu tentang ASI eksklusif pada ibu bekerja di perusahaan di Kabupaten Bantul tahun 2017 dengan riwayat pemberian ASI eksklusif dengan p-value yaitu 0,225. Kesimpulan : Tidak terdapat hubungan yang bermakna antara pengetahuan dan sikap ibu dengan riwayat pemberian ASI eksklusif pada ibu bekerja di Kabupaten Bantul Tahun 2017.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: ILMU ILMU KESEHATAN > ILMU GIZI
Divisions: FAKULTAS ILMU-ILMU KESEHATAN > PRODI S1 ILMU GIZI
Depositing User: staff perpus almaata
Date Deposited: 04 Jul 2018 07:26
Last Modified: 04 Jul 2018 07:26
URI: http://elibrary.almaata.ac.id/id/eprint/872

Actions (login required)

View Item View Item