HUBUNGAN ANTARA ASUPAN ENERGI DAN AKTIVITAS FISIK DENGAN STATUS GIZPADA MAHASISWA FAKULTAS ILMU KESEHATAN UNIVERSITAS ALMA ATA YOGYAKARTA

NUGRAYANTI, WULAN (2017) HUBUNGAN ANTARA ASUPAN ENERGI DAN AKTIVITAS FISIK DENGAN STATUS GIZPADA MAHASISWA FAKULTAS ILMU KESEHATAN UNIVERSITAS ALMA ATA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ALMA ATA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK_BABI_DAFTAR PUSTAKA)
ABSTRAK_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (972kB) | Preview
Official URL: http://elibrary.almaata.ac.id

Abstract

Latar Belakang : Masalah gizi remaja berdasarkan jenis masalah dapat dikelompokkan pada masalah kurus dan obesitas. Data yang dihimpun Riskesdas (Riset Kesehatan Dasar) Tahun 2010, menurut kategori Status Gizi di Indonesia yang menunjukan prevalensi kurus sebanyak 12,6%, Normal 65,8%, dan Obesitas 11,7%, dan untuk kategori IMT/U di Indonesia menunjukan prevalensi kurus pada remaja sebanyak 7,1%, Normal 89,7% dan Berat badan lebih 1,4%. Salah satu faktor yang mempengaruhi status gizi adalah aktivitas fisik, Asupan energi yang berlebih dan tidak diimbangi dengan pengeluaran energi yang seimbang (dengan kurang melakukan aktivitas fisik) akan menimbulkan masalah gizi baik itu berupa masalah gizi lebih maupun gizi kurang. Tujuan : Mengetahui hubungan antara asupan energi dan aktifitas fisik dengan status gizi pada mahasiswa Fakultas Ilmu - ilmu Kesehatan Universitas Alma Ata. Metode Penelitian : jenis penelitian adalah observasional analitik dengan pendekatan cross sectiona, sampel penelitian ini mahasiswa dan mahasisiwi semester 1 angkatan 2016/2017 yang meliputi mahasiswa Program Studi Ilmu Kebidanan, Program Studi Ners, dan Program Studi Ilmu Gizi Fakultas Ilmu Kesehatan Alma Ata Yogyakarta sebanyak 55 orang. pengambilan sampel secara Non Probability Sampling. Analisis data menggunakan analisis univariat dan bivariate yaitu dengan menggunakan uji Chi Square dan uji alternative dari Chi square adalah Fisher’ Exact Test. Hasil Penelian : mayoritas usia responden 20 tahun (47,3%), jenis kelamin perempuan lebih tinggi yaitu sebanyak 38 (61,9%), mayoritas responden berasal dari luar jawa yaitu sebanyak 33 (60,0%), dan status gizi lebih banyak gizi normal (67,3%) serta lebih banyak melakukan aktivitas fisik aktif yaitu sebanyak 41 (74,5%). Pada karakteristik asupan, lebih banyak responden dengan asupan normal yaitu sebanyak 26 (47,3%).Tidak ada Hubungan antara Aktivitas Fisik dengan Status Gizi nilai p value 0,155, Tidak ada Hubungan antara Asupan Energi dengan Status Gizi nilai p x 2 0,671 (uji Fisher). Kesimpulan : Tidak ada hubungan antara asupan energi dan aktivitas fisik dengan status gizi pada mahasiswa fakultas ilmu kesehatan Universitas Alma Ata.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: ILMU ILMU KESEHATAN > ILMU GIZI
Divisions: FAKULTAS ILMU-ILMU KESEHATAN > PRODI S1 ILMU GIZI
Depositing User: staff perpus almaata
Date Deposited: 04 Jul 2018 04:15
Last Modified: 29 Oct 2019 02:09
URI: http://elibrary.almaata.ac.id/id/eprint/865

Actions (login required)

View Item View Item