HUBUNGAN ANTARA WAKTU KUNJUNGAN PERTAMA, FREKUENSI KUNJUNGAN DAN KONSELING ASI DALAM PELAYANAN ANC DENGAN RIWAYAT ASI EKSKLUSIF PADA IBU BEKERJA DI KABUPATEN BANTUL

PURWANTO, ADI (2017) HUBUNGAN ANTARA WAKTU KUNJUNGAN PERTAMA, FREKUENSI KUNJUNGAN DAN KONSELING ASI DALAM PELAYANAN ANC DENGAN RIWAYAT ASI EKSKLUSIF PADA IBU BEKERJA DI KABUPATEN BANTUL. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ALMA ATA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Naskah Publikasi)
Naspub Upload.pdf

Download (849kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I & Daftar Pustaka)
BAB 1 & Dapus.pdf

Download (3MB) | Preview
Official URL: http://elibrary.almaata.ac.id

Abstract

Latar Belakang : ASI eksklusif merupakan makanan yang penting bagi bayi, namun pencapaian ASI eksklusif pada ibu bekerja sangat kurang. penelitian yang dilakukan oleh Anggraeni terhadap ASI eksklusif pada ibu bekerja mencapai 11,6%. Terdapat banyak faktor yang mempengaruhi pemberian ASI secara eksklusiif. Ibu yang bekerja terlalu sibuk akan berdampak kepada pemberian ASI eksklusif. Tujuan Penelitian : Mengetahui hubungan antara waktu pertama kunjungan, frekuensi kunjungan dan konseling ASI serta variabel penganggu terhadap riwayat pemberian ASI eksklusif, pada ibu bekerja di Kabupaten Bantul. Metode Penelitiain : Menggunakan metode kuantitatif dengan jenis observational dan menggunakan rancangan penelitian cross sectional Populasi dalam penelitian ini yaitu ibu bekerja yang mempunyai anak umur 6-12 bulan. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara Probability Proportional to Size (PPS). pengisian kuesioner dengan metode wawancara. Data diolah dengan uji statistik chi square, bila tidak memenuhi syarat chi square maka dilakukan uji fisher exact. Hasil Penelitian : Hasil usia ibu (p=0525), pendidikan ibu (p=0,783), usia suami (p=1,000) menunjukan tidak ada hubungan, sedangakn pendidikan suami (p=0,037) menunjukan adanya hubungan. Frekuensi ANC total (p=1,000), trimester 1 (p= 1,000), trimester 2 (p=1,000) dan trimester 3( p= 0,395), Waktu pertama kunjungan (p= 1,000) , konseling ASI (p= 0,744) tidak memiliki hubungan. Analisis multivariate menunjukan pendidikan suami (p=0,033) adanya hubungan dengan riwayat ASI eksklusif. Kesimpulan : Frekuensi ANC total, trimester 1, trimester 2, trimester 3, waktu kunjungan pertama dan konseling ASI tidak ada hubungan dengan riwayat ASI eksklusif. Pendidikan Suami merupakan variabel lain yang berhubungan dengan riwayat ASI eksklusif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: ILMU ILMU KESEHATAN > ILMU GIZI
Divisions: FAKULTAS ILMU-ILMU KESEHATAN > PRODI S1 ILMU GIZI
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 04 Jul 2018 02:33
Last Modified: 29 Oct 2019 04:35
URI: http://elibrary.almaata.ac.id/id/eprint/837

Actions (login required)

View Item View Item