HUBUNGAN ANTARA PEMBERIAN MAKANAN PENMDAMPING ASI (MP-ASI) DENGAN KEJADIAN STUNTING ANAK USIA 6-23 BULAN DI KECAMATAN SEDAYU

Dwi, Puji Khasanah (2016) HUBUNGAN ANTARA PEMBERIAN MAKANAN PENMDAMPING ASI (MP-ASI) DENGAN KEJADIAN STUNTING ANAK USIA 6-23 BULAN DI KECAMATAN SEDAYU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ALMA ATA.

[img]
Preview
Text (Naskah Publikasi)
NASPUB DWI PUJI ok.pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I Dwi Puji.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA Dwi Puji.pdf

Download (103kB) | Preview
Official URL: http://elibrary.almaata.ac.id

Abstract

Latar Belakang : Terjadinya stunting pada baduta seringkali tidak disadari, dan setelah dua tahun baru terlihat ternyata balita tersebut pendek. Sebesar 18,08% balita di Kabupaten Bantul menderita stunting. Penyebab terjadinya stunting pada anak 6-23 bulan, erat kaitannya dengan waktu pertama pemberian makanan pendamping ASI (MP-ASI) serta asupan zat gizi (energi dan protein) pada makanan yang kurang memadai. Tujuan : Menganalisis besarnya hubungan waktu memulai pemeberian makanan pendamping ASI (MP-ASI) serta jumlah asupan energi dan protein dari MP-ASI terhadap kejadian stunting pada anak usia 6-23 bulan di Kecamatan Sedayu. Metode Penelitian : Jenis penelitian observasional dengan desain studi cross sectional. Lokasi penelitian di Kecamatan Sedayu Kabupaten Bantul Yogyakarta. Subjek penelitian adalah anak usia 6-23 bulan. Pemilihan subjek penelitian menggunakan teknik Probability propotional to size (PPS). Untuk mengetahui status stunting pada anak maka dilakukan pengukuran panjang badan menurut umur (PB/U) dan menganalisis besarnya resiko MP-ASI terhadap kejadian stunting. Hasil Penelitian : Hasil analisis bivariat menunjukan waktu pertama kali pemberian MP-ASI berhubungan signifikan dengan kejadian stunting (OR=2,867:95%) Cl:1,453-5,565). Asupan energi dan protein tidak berhubungan dengan kejadian stunting (p>0,005). Kesimpulan : Terdapat hubungan yang signifikan antara waktu pertama pemberian MP-ASI terhadap kejadian stunting. Asupan energi dan protein yang kurang tidak berhubungan secara signifikan dengan kejadian stunting pada anak usia 6-23 bulan di Kecamatan Sedayu Bantul Yogyakarta. Kata Kunci : Waktu memulai pemberian MP-ASI, asupan energi, asupan protein, stunting.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: ILMU ILMU KESEHATAN > ILMU GIZI
Divisions: FAKULTAS ILMU-ILMU KESEHATAN > PRODI S1 ILMU GIZI
Depositing User: Ori F F
Date Deposited: 01 Mar 2018 03:20
Last Modified: 15 Oct 2019 05:04
URI: http://elibrary.almaata.ac.id/id/eprint/692

Actions (login required)

View Item View Item